Review Film Disconnect [2012]

Diposting oleh Naufal as'ad on Kamis, 24 Maret 2016


DISCONNECT

Disconnect adalah sebuah penggambaran yang menarik dari kalimat “hidup anda dapat hancur hanya dengan sebuah klik pada keyboard.” Ini adalah kata yang tepat untuk menyimpulkan cyber crime yang menjadi nafas utamanya seperti pencurian identitas, penipuan online, pornografi anak, serta cyber bullying, saling bahu untuk menunjukkan bagaimana teknologi yang sebenarnya diciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia justru menjadikannya semakin rumit karena telah menggerus power dari koneksi sosial di alam nyata
.
Pertama Kyle, pria dengan kehidupan yang berantakan, bekerja di sebuah situs sex chat dewasa yang berada dibawah kendali seorang pria bernama Harvey. Kyle menjadi objek observasi dari seorang wanita bernama Nina, seorang reporter yang tertarik dengan masalah perekrutan remaja tunawisma, dan meminta Kyle untuk menjadi narasumber. setelah wawancara berhasil dilakukan karir Nina melejit namun dampak dari hal ini pihak FBI ingin menangkap pelaku - pelaku dibalik situs sex tersebut. disini Nina tidak bermaksud memanfaatkan kyle sebagai umpan penangkapan, namun Nina akhirnya diberhentikan sementara hingga pelaku dapat ditemukan dan apesnya lagi Nina harus kehilangan kepercayaan Kyle yang telah mempercayainya dari awal. 

Berikutnya ada pasangan suami istri, Derek dan Cindy, pasangan yang mulai renggang pasca kematian anak mereka.  Karena depresi akibat sikap acuh Derek, Cindy memilih berkonsultasi via chat grup, namun justru akibat aktivitas tersebut mereka harus kehilangan banyak uang akibat penyadapan data kartu kredit. Karena tidak sabar dengan bantuan polisi bernama Mike, mereka mencoba cara lain untuk menemukan pencuri tersebut. mereka memata - matai pelaku yang di jadikan tersangka dan berniat bertindak kriminal pada tersangka tersebut, namun hal itu dapat direlai oleh Cindy hingga akhirnya tindakan tersebut tidak dilakukan oleh suaminya karena sebelum melakukan tindakan mereka mendapat kabar bahwa tersangka bukanlah pelaku yang sebenarnya. usai masalah terselesaikan mereka membangun kembali kehidupan rumah tangga mereka dan mulai romantis kembali layaknya pasangan suami dan istri.
 
Dan terakhir adalah kasus cyber crime yang dialami oleh remaja laki - laki benrnama Ben. Polisi yang bernama Mike pada cerita Derek dan Cindy sendiri sedang terjebak dalam masalah, berawal dari tindakan anaknya Jason, yang membuat akun palsu facebook bernama jessica untuk menipu Ben, remaja misterius yang rapuh dari keluarga kurang harmonis, anak dari pengacara Rich dan Lydia, yang melakukan aksi fatal akibat memberikan foto bugil yang memalukan miliknya kepada orang yang pernah ditemuinya dan tersebar ke seluruh sekolah. karena Ben remaja yang kurang bergaul dan rapuh Ben tak kuasa menahan amarahnya dan melakukan tindakan gantung diri dirumahnya yang mengakibatkan Ben koma tak sadarkan diri hingga film ini selesai. kasus Ben merupakan cyber crime dan cyber bullying.

Dalam dunia sekarang ini. Teknologi bukan hanya dapat membantu manusia, namun dapat juga menusuk secara dari belakang secara perlahan jika kita tidak mengetahui dasar-dasarnya. Seseorang dapat secara mudah mengetahui informasi dengan adanya teknologi. Penting halnya jika kita menjaga informasi-informasi yang bersifat rahasia agar tidak mudah diretas/ diketahui oleh orang lain